fbpx

Apa itu batik? – 085702437557

24 January 2019 - Kategori Blog

Nama Batik sebenarnya diperoleh dari kata titik. Titik yang dimaksud adalah titik-titik yang membentuk motif dari kain itu sendiri. Kata batik sendiri mempunyai beberapa makna, antara lain adalah

  1. Proses pengerjaannya
  2. Kain itu sendiri
  3. Motif dari kain tersebut

 

Proses pengerjaan

Kata membatik berarti proses menempelkan lilin kepada kain atau permukaan lain dengan alat yang disebut canting, kemudian kain yang telah diberi lilin diberikan warna. Lilin berguna untuk menghalangi pewarna, sehingga ketika kain selesai diwarnai, muncul motif dengan warna berbeda. Proses pengerjaan batik ada tiga jenis, yaitu

1. Batik Tulis

Batik tulis dibuat secara manual dengan tangan dibantu dengan menggunakan canting. Batik tulis inilah batik yang paling mahal disebabkan oleh proses pembuatannya yang paling lama dan paling sulit. Jika kamu perhatikan, ada perbedaan yang cukup jelas antara batik tulis dengan batik yang lain, terutama pada ketebalan titik serta detil dan ukuran motif batik tulis.

2. Batik Cap

Batik cap dibuat dibantu dengan stempel yang telah diberi lilin. Proses pembuatan batik cap dapat dikatakan lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan proses pembuatan batik tulis, akan tetapi masih dibutuhkan keahlian yang cukup tinggi untuk membuat batik cap. Oleh karena itu, harga batik cap dapat dikatakan lebih murah dibandingkan dengan batik tulis. Jika diperhatikan akan ada kesamaan pada ketebalan garisnya, hal ini disebabkan oleh motif yang dihasilkan oleh stempel yang sama. Selain itu, kadang terlihat motifnya sedikit terpisah ketika proses pembuatan.

3. Batik Kombinasi

Batik kombinasi menggunakan kedua teknik batik tulis dan batik cap. Pertama terlebih dahulu dibentuk motifnya menggunakan cap. Kemudian motif tersebut disempurnakan menggunakan proses tulis menggunakan canting. Karena menggunakan proses manual, batik kombinasi mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan batik cap.

 

Kemudian, kata batik berarti juga sebagai kainnya itu sendiri, setelah kain tersebut selesai diproduksi atau dapat disebut juga sebagai kain batik.

 

Terakhir, kata batik berarti sebagai motif yang tercetak di kain. Hal ini disebabkan semakin banyak kain yang dibuat menggunakan proses print yang menggunakan motif menyerupai batik. Sehingga kain tersebut dibuat tanpa menggunakan lilin dan pewarna. Akan tetapi kain hasil print tersebut disebut pula sebagai batik, lebih tepatnya batik print.

Sayangnya, batik print semakin banyak dan banyak orang hampir tidak bisa membedakan antara batik print dan batik buatan tangan secara manual. Dengan teknologi yang semakin maju, kualitas dari kain batik print juga semakin menyerupai hasil dari batik tulis.

 

Tertarik untuk membeli batik tulis tapi dengan harga yang terjangkau?

Segera hubungi CS kami di 085702437557 (WA/SMS/Telp)
Kami siap membantu dengan sepenuh hati.

Chat dengan Kami